Google Express Diluncurkan

Laman muka Google Express.
Laman muka Google Express.

Holding tempat bernaung raksasa mesin pencarian online, Alphabet meluncurkan Google Express, same-day delivery service untuk barang-barang grosir. Peluncuran layanan ini semakin mengukuhkan posisi Google dalam keseharian masyarakat online (netizen).

Google akan mengantarkan telur, sayuran, detergen, hingga popok bayi langsung ke rumah anda dalam hitungan jam. Bagi Google, layanan baru ini memiliki tantangan tersendiri mengingat industri pengiriman bahan makanan segar berada dalam kisar keuntungan yang kecil.

Ingin berbeda dari pesaing seperti Amazon dan Fresh Direct yang memiliki ruang pendingin khusus untuk stok bahan makanan, Google akan bekerja sama langsung dengan ritel offline. 

Konsep ini diklaim akan mengurangi resiko makanan busuk, memangkas waktu pengiriman menjadi hanya dua jam. Pemesan akan dikenakan biaya kirim mulai dari 5$ dan meningkat tergantung kuantitas pesanan. Pemberlakuan membership menawarkan keuntungan potong harga. Tidak lupa fitur aplikasi android juga tersedia.

Sampai saat ini layanan baru dikembangkan di beberapa kota di U.S., seperti San Fransisco dan Los Angeles.

Di Indonesia sebenarnya sudah banyak perusahaan online market dan delivery service yang mengusung konsep serupa, sebutlah Bhinneka dan GoJek. Netizen Indonesia sudah terbiasa berbelanja online. Ketika tiba saatnya nanti Google Express hadir di Indonesia, para startup made in Indonesia perlu pasang kuda-kuda di hadapan pesaing berat ini.

Dengan riset-riset imajinatifnya serta memanfaatkan kehandalan fitur seperti Google Maps, rasanya Google Express bakal punya kelebihan tersendiri dibanding para pesaingnya. Bukan tidak mungkin pengembangan Google Self-Driving Car mengarah ke industri pengiriman ini.[pdn/pelesirdotnet]


sumber berita: blogs.wsj.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.